Memahami Metode Rule Of Thirds Dalam Fotografi

Memahami Metode Rule Of Thirds Dalam Fotografi. Kali ini kami akan sedikit membahas prinsip dan aturan dalam rules of thirds. Salah satu cara paling mudah dan teknik dalam mengasah kemampuan fotografimu adalah dengan menggunakan prinsip rules of thirds ketika ingin mengambil foto/gambar.

Metode rules of thirds merupakan teknik fotografi paling terkenal dibidangnya. Prinsip ini hampir sering digunakan oleh semua fotografer agar menghasilkan gambar menarik juga memiliki keseimbangan yang sempurna. Ini merupakan hal paling utama dalam komposisi jenis apapun.

Apa itu Rules of Thirds?

Rules of Thirds adalah seperangkat petunjuk yang membantu para fotografer menempatkan subjek atau objek yang ada dalam gambar sesuai dengan penampilan dan caranya. Coba anda membayangkan bahwa gambar anda terbagi menjadi 9 segmen, 2 dalam bentuk garis horizontal dan 2 garis vertikal. Contohnya seperti di bawah ini

Memahami Metode Rule Of Thirds Dalam Fotografi

Sebuah foto pemandangan terlihat bagus pasti ada alasannya sehingga didapatkan dengan baik. Komposisi merupakan alasan kenapa foto tersebut terlihat bagus. Sebuah foto dikatakan terlihat menarik karena memiliki komposisi berupa elemen visual, seperti penempatan subjek, titik fokus, benda dan layout (tata letak) keselurahan foto.

Bagaimana Menerapkan Rule Of Thirds Dalam Fotografi?

Foto kamu akan menjadi lebih seimbang, jika kamu dapat menerapkan titik potret (point of interest) di sepanjang garis. Sehingga mata seseorang secara alami akan tertuju ke salah satu titik tersebut saat melihat gambar tersebut. Bayangkan sebuah pemandangan dalam 9 bagian saat kamu melakukan framing pada foto tersebut dan cobalah untuk memikirkan elemen-elemen yang penting.

Berikut ini adalah contoh dalam menerapkan aturan rule of thirds:

Landscape (Pemandangan). Foto terlihat seperti terbelah dua karena sudah menjadi kebiasaan umum para fotografer menempatkan posisi cakrawala di bagian tengah gambar. Jika kamu menggunakan metode rule of thirds saat pengambilan gambar landscape, maka kamu mendapatkan cakrawala yang sejajar dengan 1/3 bagian bawah dan atas gambar. Posisikan cakrawala di bagian bawah jika langit terlihat menarik. Hal ini dapat membuat fotomu dengan langit terisi 2/3 pada bingkainya sehingga perhatian setiap orang akan tertuju pada fotomu.

Hewan & Manusia (Animal & Man). Jauhkanlah foto orang seperti wajahnya. Hal ini sering terjadi karena kamu hanya memusatkan perhatianmu pada bagian subjek dan melupakan aturan rule of thirds. Penggantinya adalah dengan memposisikan orang menuju satu sisi bingkai dengan memberikan ruang dan memperlihatkan subjek lingkungan yang ingin kamu potret. Mata merupakan hal paling utama yang sangat diperhatikan oleh para penikmat foto. Oleh karena itu tempatkan mereka di bagian tengah dan menjauhkannya sehingga dapat menghasilkan komposisi yang menarik.

Tempatkan subjekmu dibagian atas dua garis saling berpotongan disepanjang garis grid. Gambar ini hanya dapat dilihat dengan satu mata, jika kamu mengambil gambar dari samping dengan memposisikan matamu pada titik potong dua garis saling bertemu.

Moving object (Benda Bergerak). Saat pengambilan gambar moving object, aplikasikan mereka sesuai dengan metode rule of thirds. Jangan lupa memperhatikan ke arah mana objek bergerak. Sediakan ruang kosong di depan moving object untuk memperlihatkan ke arah mana mereka bergerak. Hal ini membuat para pemirsa membayangkan kemana moving object akan bergerak melalui ruang kosong yang ada di depan mereka.

 

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Menguasai Metode Fotografi Makro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *