Hasilkan Foto Cantik Dari Lokasi Yang Jelek

Hasilkan Foto Cantik Dari Lokasi Yang Jelek. Menghasilkan sebuah foto yang bagus memang membutuhkan sebuah faktor pendukung yang bagus, termasuk settingan dalam memotret. Apakah memotret seorang model di lokasi “jelek” dapat menghasilkan foto yang cantik?

Jawabannya adalah iya, salah satu fotografer yang berhasil membuktikannya adalah Jenna Martin. Ia nekat untuk mengambil foto seorang model di lokasi yang dianggap jelek oleh banyak fotografer laennya. Rachelle Kathleen adalah temannya yang merupakan seorang model profesional. Ia akan menggunakan pusat perbelanjaan hardware sebagai tempat pemotretan dan mengubahnya seperti lokasi yang cantik.

Jenna mengaku iseng untuk menantang dirinya dengan melakukan sebuah pemotretan yang tidak masuk diakal. Tidak diherankan jika ia memilih lokasi dengan backdrop terbatas dan juga pencahayaan yang buruk.

Perlu diketahui bahwa Jenna pun memastikan beberapa hal berikut saat sebelum pemotretan:

Melakukan pemotretan tidak akan menggunakan properti tambahan, hanya menggunakan kamera tanpa pencahayaan dan barang seadanya yang ada disana. Hanya membawa sedikit baju ganti dan tas-tas kecil. 

Tidak membuat perubahan besar pada lokasi ataupun menata ulang tampilan background (display). Selama pemotretan hanya menggunakan troli dan mengembalikan ke tempat semula setelah semua selesai.

Jika ada orang yang melintas di belakang model (background), maka pemotretan akan dihentikan. Kita tidak akan mengusir orang-orang, melainkan hanya menunggu hingga mereka pergi atau selesai.

Sebelum pemotretan, tentu saja Jenna sudah meminta izin terlebih dahulu. Ia akan memanfaatkan lokasi yang sudah sepi dengan memilih waktu satu jam sebelum tempat tersebut tutup. Walaupun terdapat beberapa orang yang berhenti untuk melihat jalannya proses pemotretan ataupun sengaja mendekati karena penasaran, Akan tetapi hal tersebut tidak mengganggu sama sekali.

Bagaimana hasilnya?

Lokasi pertama : Rak Contoh Cat

rak contoh cat

Sudah lama sekali Jenna terobsesi ingin melakukan pemotretan di depan rak berisi deretan kertas contoh cat saat pertama kali melihatnya. Maka lokasi inilah sebagai lokasi pertamanya. Hasil terlihat stunning dan menjadi salah satu foto terfavorit.

Foto langsung kamera tanpa editan

Hasil foto langsung kamera tanpa editan

Hasil foto setelah diedit

Hasil foto setelah diedit

 

Lokasi kedua : Tempat Produk Lampu

Tempat Produk Lampu

Tempat produk lampu merupakan tempat yang wajib untuk melakukan pemotretan, begitu juga yang dilakukan Jenna. Terlebih lagi ia sangat menyukai pemotretan yang langsung mengarah ke sumber cahaya, walaupun cara tersebut termasuk teknik yang salah.

Saat pemotretan dilokasi ia pun menemui sedikit masalah, yaitu terlalu tinggi posisi lampu yang digantung. Belum lagi pencahayaan yang menjadi sulit karena level brightness dan warna yang berbeda-beda. Namun masalah tersebut justru menjadi sebuah tantangan bagi Jenna.

Hasil foto langsung kamera tanpa editan

Hasil foto langsung kamera tanpa editan

Hasil foto setelah diedit

Hasil foto setelah diedit

 

Lokasi ketiga : Lorong Antara Rak-Rak Tinggi

Lorong Antara Rak-Rak Tinggi

Saat kalian mengunjungi sebuah supermarket, pasti terdapat bagian lorong yang menjadi pemisah antara rak-rak tinggi yang berisikan barang-barang berat. Tempat tersebut dikategorikan sangat buruk dari segi pemotretan. Banyak sekali permukaan plastik, pencahayaan yang buruk dan sama sekali tidak ada sisi estetikanya. Tetapi justru hal inilah yang membuat semangat Jenna semakin membara.

Jenna menggunakan teman modelnya untuk berpose duduk di troli, tentunya sudah diberikan izin oleh pegawai supermarket. Sang model Rachelle pun duduk disana dengan tenang kurang lebih 6 menit, walaupun saat pemotretan dilakukan terburu-buru karena mengejar waktu penutupan. Pemotretan dilakukan di dua lorong yaitu lorong yang agak longgar dan yang lebih sempit.

Hasil foto langsung kamera tanpa editan

Hasil foto langsung kamera tanpa editan

Hasil foto setelah diedit

Hasil foto setelah diedit

Pemotretan di area lorong sempit

Pemotretan di area lorong sempit

 

BACA JUGA:  Teknik Memotret Model Indoor Agar Terlihat Menawan