7 Hal Dasar Yang Perlu Dipelajari Oleh Fotografer Pemula

7 Hal Dasar Yang Perlu Dipelajari Oleh Fotografer Pemula. Menjadi seorang fotografer merupakan hobi yang sangat menjanjikan jika dipelajari dengan baik. Salah satu hal yang menjanjikan adalah dapat lebih mendekatkan seseorang terhadap seni dan juga dapat dijadikan sebagai salah satu mata pencaharian sehari-hari. Berikut ini adalah hal yang harus kamu ketahui jika anda benar-benar ingin menjadi lebih baik dalam dunia fotografi:

7 Hal Dasar Yang Perlu Dipelajari Oleh Fotografer Pemula

 

  • Pengambilan gambar menggunakan format RAW

Banyak sekali kamera digital yang memiliki kapabilitas dalam mengambil gambar dengan format JPG. Hal ini memang terlihat lebih praktis bagi para pemula karena format tersebut lebih mudah untuk ditransfer ke semua jenis perangkat.Tetapi bagi anda yang benar-benar ingin menjadi seorang ahli fotografer. Anda harus mengambil gambar menggunakan format RAW. Karena hanya dengan format ini kalian bisa dengan bebas mengatur hasil gambar seperti tingkat ketajaman gambar, pencahayaan dan masih banyak lagi.

  • Jangan dibiasakan memakai lampu flash

Banyak sekali orang yang memakai lampu flash saat sedang mengambil gambar, padahal hal paling dasar dalam fotografi adalah jangan pernah menggunakan lampu flash. Usahakanlah untuk mencari sumber cahaya yang alami disekitar. Jika masih terasa gelap, gunakanlah pengaturan shutter, apperture dan ISO.

  • Gunakan beragam jenis lensa yang berbeda

Walaupun lensa bawaan kamera (lensa kit) sudah terjamin kualitasnya. Anda tetap harus mencoba gunakan lensa lain yang terdapat di pasar kamrea. Terdapat banyak sekali jenis-jenis lensa di luar sana, dan banyak sekali lensa yang diciptakan hanya khusus untuk kegiatan tertentu. Contohnya untuk fotografi benda/objek kecil gunakan lensa makro, dan untuk mengambil foto objek yang jaraknya lumayan jauh maka gunakanlah lensa telephoto.

  • Selalu bersihkan lensa dan sensor kamera anda

Lensa dan sensor kamera merupakan bagian yang paling sensitif dari kamera. Jika terdapat debu di lensa dan sensor kamera, maka hasil foto kalian akan terlihat tidak maksimal. Solusinya adalah dengan rutin membersihkan lensa dan sensor kamera. Gunakanlah alat pembersih lensa dan sensor khusus untuk membersihkannya.

  • Jangan lupa untuk mengganti tali kamera

Saat membeli kamera baru, biasanya anda sudah mendapatkan tali kamera dalam 1 paketnya. Banyak sekali para fotografer profesional yang mengatakan bahwa tali kamera tersebut sangatlah tidak nyaman untuk digunakan, apalagi saat menggunakan lensar yang berat dan besar. Menggunakan tali kamera yang khusus akan membuat anda lebih nyaman melakukan pemotretan.

  • Mulailah percobaan menggunakan post-processing

Post-processing merupakan pengeditan atau pengolahan pada gambar/foto yang telah diambil. Banyak sekali software yang memiliki fitur post-processing, contohnya mulai dari Google Nik Colletion, Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom. Mulailah percobaan dengan menggunakan software tersebut agar foto terlihat lebih bagus.

  • Gunakan kamera dengan menyesuaikan di saat yang tepat

Terdapat banyak sekali jenis kamera dengan berbagai merek. Sama halnya seperti handphone, kamera pun memiliki tingkatannya sendiri, mulai dari tipe pemula sampai tipe profesional. Jika semakin profesional, maka harga kamera juga akan semakin mahal.

Bagi anda yang benar-benar ingin mempelajari fotografi lebih dalam, kami sangat tidak menyarankan kalian menggunakan pocket kamera (kamera saku), DSLR pemula dan juga kamera ponsel. Cobalah gunakan kamera mirrorless ataupun kamera DSLR yang lebih tinggi kualitasnya. Memang harganya lebih mahal, tetapi fitur yang dimiliki kamera tersebut lebih cocok dan lengkap untuk belajar.

 

BACA JUGA: Teknik Memotret Model Indoor Agar Terlihat Menawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *