6 Cara Menghasilkan Foto Refleksi Yang Menakjubkan

6 Cara Menghasilkan Foto Refleksi Yang Menakjubkan. Mengabadikan pemandangan yang terefleksi di lautan ataupun danau dapat memberikan hasil foto landscape yang mengagumkan. Tidak hanya fotografer handal saja yang dapat melakukannya. Kalian pun dapat mengambil pemandangan yang seperti ini dibanyak tempat. Mulai dari lautan, sungai dan juga danau. Asalkan kalian ingin melatihnya secara rutin.

  • Menghasilkan sebuah foto refleksi diperlukan perencanaan

Untuk mengaplikasikan teknik refleksi foto layaknya seperti sebuah editan, hal yang kamu perlukan adalah sebuah genangan air yang sangat tenang agar refleksi dapat tersorot dengan jelas. Caranya adalah bangun lebih pagi dan datang ke lokasi. Karena pada pagi hari, angin bertiup tidak terlalu kencang sehingga air tidak bergelombang. Dengan air yang tenang ini kalian dapat melihat dengan jelas pantulan objek di badan air tersebut.

  • Mengelak dari banyanganmu. Berikanlah jarak antara permukaan air dan objek foto. Lebih baik usahakan agar tidak terlalu dekat ataupun jauh, supaya dapat terefleksi dengan jelas pada permukaan air

6 Cara Menghasilkan Foto Refleksi Yang Menakjubkan

Pastikan objek utama dalam foto tersebut dapat terefleksi dengan penuh detail pada permukaan air. Kemudian mengelaklah dari bayanganmu sendiri. Tidak dapat kamu bantah bahwa setiap benda yang berada disekitar media refleksi pasti akan ikut terekam, termasuk badan dari fotografer. Hal yang perlu diingat bahwa kamu harus selalu mengelak bayanganmu sendiri dari media refleksi. Baik itu benda refelektif ataupun air kalau kamu hanya ingin mengambil keindahan objeknya saja.

  • Masih mengenai refleksi menggunakan media air, perhatikan aturan garis pemisah supaya hasil foto refleksimu menjadi sangat menarik

Saat pengambilan refleksi menggunakan media air, pergunakanlah garis pemisah yang simetris supaya foto lebih menarik saat dilihat. Kalau kamu bisa lebih kreatif dengan memanfaatkan genangan air ataupun badan air yang ada, maka hasil foto refleksimu akan terlihat menarik. Objek yang terefleksi akan bervariasi apabila kamu memanfaatkan genangan air yang terpotong atau membuat foto terlihat lebih abstrak dengan memanfaatkan pergerakan airnya.

  • Jika kamu ingin mengambil foto refleksi dari objek berukuran kecil, maka gunakanlah lensa makro

Banyak sekali fotografer handal yang memotret refleksi dari bola, akan tetapi bagi yang ingin mencobanya tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Hanya membutuhkan lensa makro saja, kamu yang bukan seorang fotografer handal pun bisa mendapatkan hasil foto yang epik ini. Kamu juga bisa memanfaatkan lensa ini dengan memotret seseorang yang berada di balik distorsi refleksi objek.

  • Pahami teknik slow speed karena sangat dibutuhkan dalam pemotretan foto refleksi

Slow speed adalah menggunakan shutter speed akan tetapi lebih lambat dari biasanya. Pengaturannya di atas 2 detik supaya dapat melembutkan permukaan air. Pastikan untuk menggunakan tripod agar hasil foto terlihat lebih tajam. Bahkan kalaupun diperlukan, gunakan filter Graduated ND yang dapat membantu menyeimbangi cahaya di langit pada permukaan airnya. Kemudian, gunakan angka sekitar f/11 atau f/tinggi ataupun diatasnya, karena dapat membantu penyeimbangan objek dan mata dapat melihat lebih dekat dengan refleksinya.

  • Pemotretan refleksi tidak hanya mengenai air, akan tetapi cermin juga bisa kamu manfaatkan untuk menambahkan dimensi pada foto

6 Cara Menghasilkan Foto Refleksi Yang Menakjubkan

Cermin yang selalu dianggap sepele seperti cermin wc ataupun kaca spion dapat memberikan kesan dimensi lebih menarik apabila teknik fotomu sudah benar. Dalam pemotretan portrait, carilah permukaan yang bersifat memantul, kemudian arahkan kamera sampai objek foto dan bayangannya terlihat jelas. Foto close up ataupun makro juga bisa dijadikan foto refleksi.

 

BACA JUGA: 6 Cara Hasilkan Foto Setara DSLR Hanya Dengan Kamera iPhone