5 Tips Komposisi Fotografi Yang Membuat Fotomu Berkualitas Tinggi

5 Tips Komposisi Fotografi Yang Membuat Fotomu Berkualitas Tinggi. Bagi para pecinta fotografi, siapa sih yang tidak mengenal Steve McCurry. Dia adalah seorang fotografer yang menjadi terkenal melalui National Geographic. Pria ini sudah berkarya dalam dunia fotografi lebih dari 30 tahun. Mulai dari jaman masih analog hingga jaman digital sekarang ini. Tidak perlu ditanya lagi sudah berapa banyak hasil karyanya yang menjadi cover majalah dan buku. Hingga pamerannya yang sudah tidak terhitung jumlahnya.

Supaya kamu semakin berenergi dalam menekuni bidang fotografimu, kami akan memberikan 5 tips komposisi fotografi yang membuat fotomu berkualitas tinggi seperti karya McCurry. Antara lain:

  • Terapkan Rules of Third karena komposisi fotografi ini yang paling dikenal dan hasil fotomu akan terlihat lebih enak dipandang

5 Tips Komposisi Fotografi Yang Membuat Fotomu Berkualitas Tinggi

Bagi para penggemar potret memotret, bisa jadi komposisi fotografi ini menjadi yang tengah populer dikalangannya. Pengaturan komposisinya menjadi landasan bagi keseimbangan elemen photo, sehingga keseluruhan hasil fotonya terlihat enak dipandang. Caranya adalah dengan menempatkan bagian menarik dari foto (Point of Interest-POI) di pertemuan garis yang membagi foto jadi 3 bagian. Contohnya seperti gambar di atas.

  • Garis Penuntun atau Leading Lines juga perlu diterapkan agar mata para penikmat foto menjadi terarahkan

Komposisi leading lines ini menjadi aspek penting, khususnya dalam foto landscape. Alasannya karena teknik ini bermanfaat untuk memunculkan kesan yang jauh atau disebut SOD (Sense of Depth). Apa yang terlintas dipikiranmu saat mendengar leading line? Aliran sungai tanpa pangkal, pagar yang panjang, jalan berkelok, jalan setapak? Sebenarnya banyak sekali leading lines, dapat terlihat samar ataupun terlihat jelas. Terlebih lagi dapat terbentuk dengan alami ataupun buatan manusia.

  • Perhatikan garis diagonalnya, karena garis juga termasuk elemen penting dalam fotografi. Tanpa adanya garis tidak akan ada bentuk. Tidak ada bentuk maka tidak akan ada wujud

5 Tips Komposisi Fotografi Yang Membuat Fotomu Berkualitas Tinggi

Garis diagonal bersifat lebih dinamis dibandingkan dengan garis vertikal dan horizontal. Garis ini sering juga disebut memberikan nafas dalam komposisi agar fotonya terlihat lebih hidup. Saat menggunakan diagonal secara tepat, hasil fotomu akan terlihat sangat menarik dan membuat setiap mata menyorot melihatnya. Caranya adalah dengan menarik garis diagonalnya dari satu sisi ke sisi lainnya/berseberangan.

  • Frame juga komposisi yang penting. Manfaatkan pintu, jendela atau elemen lainnya untuk membuat frame agar kelihatan lebih alami

Istilah framing dalam fotografi adalah menempatkan Point Of Interest (POI) atau subjek utama pada foto dalam posisi yang dikelilingi oleh elemen lain dalam foto tersebut. Tempatkan elemen foto yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan kamera sebagai foreground (latar depan) mengelilingi POI. Saat menggunakan komposisi ini, fotomu akan terlihat memiliki kesan dimensi karena terdapat lapisan yang dibentuk antara POI dengan frame. Sehingga tampilannya akan terlihat lebih menarik.

  • Teknik Separasi atau Figure to Ground perlu kamu pelajari, karena dapat membuat kontras antara objek foto dan background agar hasil fotomu kelihatan lebih hidup

Figure to ground yang berarti latar dan sosok yang berbeda. Sering juga disebut sebagai separasi antara background dan subjek foto dalam dunia fotografi. Separasi ini biasanya berupa bayangan, warna dan cahaya. Satu hal penting dalam fotografi adalah jika dapat “dibaca” dengan baik. Artinya jika seseorang sedang melihat sebuah foto, dia harus dapat melihat subjek dengan jelas dan menjelaskan apa yang terjadi. Seprasai disini sangat berperan penting. Saat pemotretan perhatikan dulu backgroundnya, lalu subjeknya. Jangan terbalik melakukannya.

BACA JUGA: 5 Cara Membuat Foto Traveling di Instagram Terlihat Memukau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *