5 Cara Mudah Menguasai Metode Fotografi Makro

5 Cara Mudah Menguasai Metode Fotografi Makro. Metode fotografi satu ini lebih fokus pada objek yang memiliki ukuran lebih kecil contohnya seperti serangga dan beragam jenis hewan kecil lainnya. Banyak juga yang memotret bagian-bagian yang kecil nan halus menggunakan metode fotografi yang lumayan sulit ini. Macrography atau Photomacrography ini juga sering disebut sebagai fotografi close up ekstrim. Contohnya seperti mata lalat yang didapat difoto sampai terlihat seluruh sel-sel dengan kasat mata.

Berikut ini adalah 5 cara mudah menguasai metode fotografi makro:

5 Cara Mudah Menguasai Metode Fotografi Makro

 

  • Pengambilan Gambar di Tempat Lokasi Yang Potensial

Jika kalian teliti, sesungguhnya objek makro itu berada di sekeliling kita. Akan tetapi untuk mencari hewan-hewan kecil seperti serangga, maka kalian harus mencari tahu dimana lokasi untuk menemukan populasi serangga tersebut. Agar kalian lebih mudah saat pengambilan gambar.

  • Eksekusi Foto dengan Memilih Timing Yang Tepat

Jangan remehkan timing saat pengambilan foto/gambar. Jika terlalu siang maka ada matahari yang bersinar terik dan hasil fotonya juga tidak akan maksimal. Belum lagi objek yang kecil akan terlihat sangat gelap karena terlalu kontras cahaya mataharinya.

  • Biasakan Bergerak Tenang dan Latihlah Mata Memperhatikan Objek

Karena metode fotografi makro ini berbeda dengan metode fotografi lainnya, maka kita akan membutuhkan extra kehati-hatian saat mendekat objek. Karena objek kecil seperti serangga akan sangat sensitif sekali dan waspada terhadap gerakan dan getaran, bahkan hembusan nafas saja dapat membuat objek kabur sebelum kalian sempet memotretnya.

Perhatikan dengan teliti objek yang ingin kalian eksekusi, terlebih lagi perhatikan background dan komposisi warnanya agar menghasilkan foto yang menarik. Kalian juga harus memahami circle of fear dari objek yang ingin kalian ambil. Maksud dari circle of fear adalah jarak minimum dan maksimum antara serangga dan diri kita makhluk asing. Jika kita melebihi jarak tersebut, maka objek kecil seperti serangga akan kabur.

  • Gunakanlah Lensa Macro dan Terapkan Teknik Reverse Lens

Karena objek kita yang sangat kecil dan ingin menangkapnya dengan sedetail mungkin, maka gunakanlah lensa yang dapat menangkap jarak fokus dekat. Tentunya bukan memakai lensa bawaan kamera, tetapi gunakanlah lensa khusus yang dikenal dengan lensa makro. Karena harganya yang mahal, kalian dapat menggunakan cara lain seperti menerapkan teknik khusus reverse lens.

Caranya adalah kalian membeli sebuah ring khusus yang harganya berkisar 60 – 80 ribu rupiah saja. Gunakanlah lensa prime atau fix dengan apperture yang lebar, seperti EF 50mm f1,8 yang harganya cukup terjangkau. Tempelkan pada lensanya dengan posisi terbalik. Kemudian lakukan secara manual untuk focusing, karena kebanyakan metode fotografi makro melakukan focusing dengan cara manual.

  • Pergunakan metode Custom Function

Makro Depth of Field sangatlah tipis jika kita mengambil foto objek kecil. Sedikit saja goyang atau getaran akan maka tidak akan terfokus. Jika kita menggunakan metode focusing dengan menekan separuh shutter, terlihat sangat tidak praktis. Oleh karena itu gunakanlah custom function IV yang biasa dimiliki oleh semua kamera Canon.

Karena dengan fungsi ini kita dapat memindahkan tombol focusing ke belakang kamera, jadi saat kita ingin focusing, tidak perlu lagi menekan tombol shutter. Untuk mendapatkan focusing yang baik, lebih baik dekati objeknya dulu dan tekan tombol focusing pada bagian objek yang ingin kalian potret. Kalian hanya perlu maju dan mundur perlahan-lahan sampai fokusnya tepat pada objek.

BACA JUGA: 7 Benda Lucu Yang Bisa Dijadikan Properti Fotomu Agar Terlihat Manis

 

1 Comment

  • susah banget foto objek2 kecil kek gini, dulu gua sempet belajar, susahnya minta ampun. Bener2 harus kyk patung pas pengambilan gambarnya, goyang dikit aja udah kemana2 gambarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *